Minggu, 30 Maret 2014

Cinta Pertama dan Payung yang Setia


Judul : Dear Umbrella
Penulis : Alfian Daniear
Penerbit : teen@noura
Cetakan : I (Mei 2013)
Tebal : x + 310 halaman
ISBN : 9786027816404

Dalam hidup ini apakah kamu punya barang favorit atau barang yang begitu kamu cintai? Jika tidak berarti sama dengan saya. Jika punya berarti kamu sama seperti Raline, gadis remaja yang begitu mencintai payungnya. Bukan karena payung itu bagus dan mahal harganya, tapi lebih karena payung itu pemberian orang yang begitu ia cintai dan pergi meninggalkannya tanpa kabar. Hilang begitu saja. Sejak saat itu ia memutuskan untuk membawa payung itu ke mana pun ia pergi.

Semenjak kepergian Zidan teman kecilnya itu, ia jadi sedikit berubah, tak banyak bicara dan jadi pendiam, memang sejak awal ia tak punya banyak teman, kecuali Zidan. Dan saat Zidan pergi tanpa pamit, payung itulah satu-satunya temannya. Tapi kehilangan Zidan tak lantas membuat kehidupan Raline berahir sampai di situ. Ia tetap meneruskan hidupnya dengan ada atau tidak ada Zidan yang menemaninya.

Ada satu masa di mana Raline kembali merasakan kesedihan, yaitu saat bapaknya kecelakaan, sedangkan kondisi ekonomi keluarganya sedang berada di bawah, ibunya yang sedang hamil besar, Raline dan adiknya yang butuh biaya untuk sekolahnya, akhirnya ibunya memutuskan menerima tawaran Eyang Utomo—adik dari kakeknya Raline—jika ia ingin tetap sekolah dan melanjutkan kuliah harus ikut tinggal bersama Eyangnya di Jakarta. Dengan berat hati ia menerimanya.

Di bagian yang menceritakan kecelakaan bapaknya, nampaknya terlalu panjang diuraikan, penulis seolah terlalu fokus dengan apa yang terjadi dengan bapaknya, untuk menimbulkan kesan bahwa keputusan itu harus Raline terima, Jika diringkas bukan tidak mungkin hasillnya akan sama.

Membaca buku ini saya teringat dengan buku The Espressologist yang pernah saya baca, memang ceritanya berbeda, namun ada kesamaan di mana tokoh utamanya bekerja paruh waktu di sebuah kedai dan menemukan berbagai macam hal, jika di buku The Espressologis tokoh utamanya sering dibuat kesal dengan pelanggannya yang juga kakak kelasnya di sekolah dan juga ada salah satu teman kerjanya yang tak suka dengannya, di buku ini lebih menonjolkan kedekatan dengan teman-teman di kedainya dan seorang teman kerjanya yang menyebalkan.

Narasi yang penulis tulis begitu detail, dan buat saya tak ada kurangnya. Sebuah cerita cinta pertama yang manis, dengan balutan plot yang kadang mudah dan kadang tak mudah ditebak. Tak hanya berputar di kisah Raline, tapi juga tokoh-tokoh yang lain. Penokohannya pun begitu kuat, semua tokoh mudah dikenali dan tak membuat bingung ketika berganti peran antar tokohnya.

Mungkin yang belum bisa saya terima adalah kebetulan-kebetulan yang hadir di buku ini, di mana Ralien pertama kali bertemu Elbert—orang yang memarah-marahi dirinya karena menjatuhkan sepedanya di terminal—dan bertemu lagi dikedai ketika Ralien ingin melamar kerja dan Elbert ternyata juga kerja di sana. Lalu setelah sekian lama kerja di sana, ia bertemu Zidan pula—orang yang dulu pergi tanpa pamit padanya—di kedai. Kalau boleh dibilang seperti FTV, meski kebetulan-kebetulan tersebut sangat halus dituliskan.

Ada juga logika ceritanya yang mungkin “sedikit” melenceng. Yaitu ketika Albert mengajak Raline pulang bareng naik sepeda. Dan berkata:

"Lo ga bisa ketemu sama kaisar—sepeda Elbert. Dia sudah banyak berubah sejak lo lukain di terminal waktu itu."

Ia berkata begitu, tapi penulis tak menjelaskan yang ia bawa sepeda yang lain.

Beberapa saat albert mengayuh sepedannya.” Hal. 151.

Dan ketika Raline dan Zidan akan pergi ke sarangan, keluarga Raline semua di ajak, dan yang janggal. Mereka ke magetan kan liburan sekolah, lalu kenapa adiknya Raline masih pergi sekolah?

Ibu harus mengurus bayi yang kasihan jika harus diajak ke gunung, bapak kerja dan Rifan sekolah. Hal 278

Akhir kata, ini buku yang cukup menghibur, meski hanya sedikit menimbulkan tawa atau senyum. Tapi cerita di dalamnya cukup manis untuk sebuah cerita cinta remaja. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan jejakmu di sini. :)