Dulu awal usaha bebek ini namanya cuman Bebek Telor Asin. Begitu
setelah jalan 2 bln, mulai banyak masukan untuk segera didaftarkan HAKI, terus
ada nama Brand atau Merknya, daripada susah-susah cari nama, kebetulan bapak-ibu
saya ada usaha catering, salah satu produknya adalah Nasi Bungkus dengan Merk
Super JOSS..
bapak yang sekaligus menjadi marketingnya nasi bungkus ini,
selalu dipanggil Pak JOSS sama customernya, daripada repot-repot... lahirlah
Bebek Telor Asin Pak JOSS, tapi seiring berjalannya waktu.. JOSS itu bisa
berarti Jadilah Orang Sukses Selalu, yang pasti semua membangun usaha itu ga mudah... tapi
tetap dinikmati aja prosesnya..
usaha sih hanya dengan gerobak keluar masuk perumahan,
selang 3 bulan mulai jalanin market on-line, cuman sejak awal tidak ada
konsep-konsep on-line2an, ada temen-temen kuliah yang minta dikirimin bebek, padahal
posisi di jakarta-bandung..
konsep yang awal bebek ini adalah gerobak , kemudian saos
telor asin dan dipasarkan keliling perumahan dengan jingle, 3 konsep ini adalah
differensiasi, secara di surabaya... surganya bebek goreng, kemudian ga ada yang
keliling (semua mangkal), kemudian "jingle" macem sari roti begitu menjadi
"sign" sampe pd sekian waktu...
jalan on-line, alhamdulillah sudah 35 kota dijangkau. mulai
ada pertanyaan dari customer luar kota, dimana tempatnya klo di surabaya? jadi
secara ga langsung sedikit dikondisikan pada beberapa kondisi yang
"mepet" kali ya, akhirnya dengan berbagai keterbatasan, mulai
memberanikan diri di Pasar Off-LIne.. (mangkal , bukan gerobak dengan jingle)
ketika mulai mangkal mulai terasa... gimana nge-branding
suatu produk, Alhamdulillah, dari twitter saya banyak bertemu teman + orang-orang
yang menginspirasi, yang pasti saya tau, bisnis itu harus ada mentornya... cari
yang gratisan..
saya pertama kali ketemu mentor saya, ditanyain begini... sudah
rugi berapa, mas? ketemu kali kedua ditanyain hal yang sama... sudah rugi berapa,
mas? Yah, ketika reinkarnasi ke pasar off-line, mulai terjadi galaupreneur, galaunya
seorang pengusaha level start-up..
galau karna banyak keliru, padahal modal terbatas bahkan
kurang, pernah suatu hari ditanyain si mentor juga... apa visi + misi usahamu?
kayak bikin skripsi atau proposal aja... ternyata memang setiap bisnis harus
ada visi + misinya..
usaha baru 2 bulan, saat itu... saya sudah coba-coba bikin
konsep bermitra, bikin semacam proposal penawaran ke calon mitra, jalan-jalan ke
pameran, nanya sana-sini.. (klo kata kingkong... pengusaha hrs putuskan
"urat malu" , bukan urat yg lain)
Mulailah "atm" (mengadopsi konsep franchise atau
kemitraan brand lain) dengan disesuaikan kondisi kita, lanjut bikin konsep
kemitraan yaa.. waktu itu saya cetak printing, kemudian tunjukkin ke ortu...
kata ibu , buat apa buat gitu-gitu? saya cuman jawab... nanti klo mau buka
cabang, ini konsep yang saya tawarkan..
selang 1th, ada customer yang minta dikirim company profile.
katanya mau didaftarin di pameran franchise yang nilainya 18jt...tapi gratis setelah
lama ga ada kabar, saya juga ga review tuh proposal pameran... tau-tau hari
ke-5 dikabari kalau disapprove..
tau ga life sign nya menurut saya, maklum ga pernah ikutan
pameran, apa lagi harus ke jakarta (nasional), life signnya... ternyata sudah
saya siapin sebetulnya mulai awal-awal usaha ini, mulai bikin proposal
kemitraan, dsb ..
hanya 3hari preparing + dibantuin #srudukers (Sebutan member
komunitas #SRUDUKFOLLOW) yang ada di jakarta... tampil juga di pameran info
franchise & bisnis concept di Jakarta. pokoknya banyak srudukers yg
in-charge di pameran inilah... berkah silaturahmi!! Dulu banyak anak banyak
rejeki. Now banyak temen banyak rejeki.
ada 1hal lagi. dari twitter, do'a saya ada yang terkabul selesai
sholat dhuha. saya do'a ingin usaha bebek ini diulas tv nasional, alhamdulillah. baru jalan bulan ke-9 sudah diulas trans-tv, bulan ke-11 masuk majalah info
franchise, real kekuatan do'a orang tua,kita sendiri, dan orang-orang
disekeliling kita.
sore itu pas habis nganter delivery dalam kota (kurir
sendiri saat itu) , tiba-tiba ada nomer jakarta yang masuk nih, yang ada di
benak saya sblm angkat telp, klo ga nawarin kartu kredit ya asuransi, ternyata...
reporter trans-tv dari nomer kantornya, subhanallah.. allahu akbar..
Begitu saya kabari ibu saya (master chefnya) , mata ini tak
kuasa menahan air mata, karna beliau juga menangis, jd cemen yaa ? karna saya
sendiri amazing dengan rejeki gusti allah yang selalu bikin surprise.. klo kata
ustad yusuf mansyur atau pak jamil...klo kita mau sesuatu itu minta sama allah,
kemudian do'a kita mesti spesifik.. spesifik, ingin masuk tv, pingin omset
sekian misalnya..
1 hal yang selama 1/2 tahun baru terjawab, statement dari
seorang mentor yaitu cari "model" yang pas mas buat bisnismu, saya
bingung apa yang dimaksud model? model gerobakkah, model apanya? ternyata baru
nyadar... model itulah yang menjadi tolok ukur dalam hal pengembangan + langkah
bisnis kita..
jadi saat itu saya udah masuk dalam ranah
"multiplying" (istilah mas jay), mau buka cabang, harus cari
"model"... ini terkait juga visi + misi, mulai menentukan,
mempelajari, survey... apa yg dilakukan brand-brand besar macem kfc, mcd +
pizza hut yang begitu mendominasi pasar Indonesia.. jadi model ini maksudnya adalah, Brand mana yang mau kita jadikan
tolak ukur agar visi + misi kita terarah, sesuaikan bisnisnya masing-masing..
mendapatkan mentor (yang gratisan) mungkin ga mudah, tapi terkadang harus ngeyel, carilah yang frekuensinya sama usahanya, saya punya 1 mentor yang awalnya ketemu di twitter, ketika beliau seminar, saya kejar, dateng seminar lagi saya temuin, sampe sekarang sudah kayak temen kecil saya ..
Entrepreneur-entrepreneur yang ada di twitter beberapa pernah mampir ke warung, Alhamdulillah.. mentor mungkin bisa banyak. sesuaikan saja dengan ukuran baju kita..
"Perjalanan, Pengalaman Dan Tujuan Hidup"
great story..
BalasHapusProses :D
Hapus