Jumat, 19 Oktober 2012

Menikmati Prosesnya

Dulu awal usaha bebek ini namanya cuman Bebek Telor Asin. Begitu setelah jalan 2 bln, mulai banyak masukan untuk segera didaftarkan HAKI, terus ada nama Brand atau Merknya, daripada susah-susah cari nama, kebetulan bapak-ibu saya ada usaha catering, salah satu produknya adalah Nasi Bungkus dengan Merk Super JOSS..




bapak yang sekaligus menjadi marketingnya nasi bungkus ini, selalu dipanggil Pak JOSS sama customernya, daripada repot-repot... lahirlah Bebek Telor Asin Pak JOSS, tapi seiring berjalannya waktu.. JOSS itu bisa berarti Jadilah Orang Sukses Selalu, yang  pasti semua membangun usaha itu ga mudah... tapi tetap dinikmati aja prosesnya..

usaha sih hanya dengan gerobak keluar masuk perumahan, selang 3 bulan mulai jalanin market on-line, cuman sejak awal tidak ada konsep-konsep on-line2an, ada temen-temen kuliah yang minta dikirimin bebek, padahal posisi di jakarta-bandung..


konsep yang awal bebek ini adalah gerobak , kemudian saos telor asin dan dipasarkan keliling perumahan dengan jingle, 3 konsep ini adalah differensiasi, secara di surabaya... surganya bebek goreng, kemudian ga ada yang keliling (semua mangkal), kemudian "jingle" macem sari roti begitu menjadi "sign" sampe pd sekian waktu...

jalan on-line, alhamdulillah sudah 35 kota dijangkau. mulai ada pertanyaan dari customer luar kota, dimana tempatnya klo di surabaya? jadi secara ga langsung sedikit dikondisikan pada beberapa kondisi yang "mepet" kali ya, akhirnya dengan berbagai keterbatasan, mulai memberanikan diri di Pasar Off-LIne.. (mangkal , bukan gerobak dengan jingle)

ketika mulai mangkal mulai terasa... gimana nge-branding suatu produk, Alhamdulillah, dari twitter saya banyak bertemu teman + orang-orang yang menginspirasi, yang pasti saya tau, bisnis itu harus ada mentornya... cari yang gratisan..

saya pertama kali ketemu mentor saya, ditanyain begini... sudah rugi berapa, mas? ketemu kali kedua ditanyain hal yang sama... sudah rugi berapa, mas? Yah, ketika reinkarnasi ke pasar off-line, mulai terjadi galaupreneur, galaunya seorang pengusaha level start-up..

galau karna banyak keliru, padahal modal terbatas bahkan kurang, pernah suatu hari ditanyain si mentor juga... apa visi + misi usahamu? kayak bikin skripsi atau proposal aja... ternyata memang setiap bisnis harus ada visi + misinya..

usaha baru 2 bulan, saat itu... saya sudah coba-coba bikin konsep bermitra, bikin semacam proposal penawaran ke calon mitra, jalan-jalan ke pameran, nanya sana-sini.. (klo kata kingkong... pengusaha hrs putuskan "urat malu" , bukan urat yg lain)

Mulailah "atm" (mengadopsi konsep franchise atau kemitraan brand lain) dengan disesuaikan kondisi kita, lanjut bikin konsep kemitraan yaa.. waktu itu saya cetak printing, kemudian tunjukkin ke ortu... kata ibu , buat apa buat gitu-gitu? saya cuman jawab... nanti klo mau buka cabang, ini konsep yang saya tawarkan..

selang 1th, ada customer yang minta dikirim company profile. katanya mau didaftarin di pameran franchise yang nilainya 18jt...tapi gratis setelah lama ga ada kabar, saya juga ga review tuh proposal pameran... tau-tau hari ke-5 dikabari kalau disapprove..

tau ga life sign nya menurut saya, maklum ga pernah ikutan pameran, apa lagi harus ke jakarta (nasional), life signnya... ternyata sudah saya siapin sebetulnya mulai awal-awal usaha ini, mulai bikin proposal kemitraan, dsb .. 

hanya 3hari preparing + dibantuin #srudukers (Sebutan member komunitas #SRUDUKFOLLOW) yang ada di jakarta... tampil juga di pameran info franchise & bisnis concept di Jakarta. pokoknya banyak srudukers yg in-charge di pameran inilah... berkah silaturahmi!! Dulu banyak anak banyak rejeki. Now banyak temen banyak rejeki.

ada 1hal lagi. dari twitter, do'a saya ada yang terkabul selesai sholat dhuha. saya do'a ingin usaha bebek ini diulas tv nasional, alhamdulillah. baru jalan bulan ke-9 sudah diulas trans-tv, bulan ke-11 masuk majalah info franchise, real kekuatan do'a orang tua,kita sendiri, dan orang-orang disekeliling kita.

sore itu pas habis nganter delivery dalam kota (kurir sendiri saat itu) , tiba-tiba ada nomer jakarta yang masuk nih, yang ada di benak saya sblm angkat telp, klo ga nawarin kartu kredit ya asuransi, ternyata... reporter trans-tv dari nomer kantornya, subhanallah.. allahu akbar..

Begitu saya kabari ibu saya (master chefnya) , mata ini tak kuasa menahan air mata, karna beliau juga menangis, jd cemen yaa ? karna saya sendiri amazing dengan rejeki gusti allah yang selalu bikin surprise.. klo kata ustad yusuf mansyur atau pak jamil...klo kita mau sesuatu itu minta sama allah, kemudian do'a kita mesti spesifik.. spesifik, ingin masuk tv, pingin omset sekian misalnya..

1 hal yang selama 1/2 tahun baru terjawab, statement dari seorang mentor yaitu cari "model" yang pas mas buat bisnismu, saya bingung apa yang dimaksud model? model gerobakkah, model apanya? ternyata baru nyadar... model itulah yang menjadi tolok ukur dalam hal pengembangan + langkah bisnis kita..

jadi saat itu saya udah masuk dalam ranah "multiplying" (istilah mas jay), mau buka cabang, harus cari "model"... ini terkait juga visi + misi, mulai menentukan, mempelajari, survey... apa yg dilakukan brand-brand besar macem kfc, mcd + pizza hut yang begitu mendominasi pasar Indonesia.. jadi model ini maksudnya adalah, Brand mana yang mau kita jadikan tolak ukur agar visi + misi kita terarah, sesuaikan bisnisnya masing-masing..


mendapatkan mentor (yang gratisan) mungkin ga mudah, tapi terkadang harus ngeyel, carilah yang frekuensinya sama usahanya, saya punya 1 mentor yang awalnya ketemu di twitter, ketika beliau seminar, saya kejar, dateng seminar lagi saya temuin, sampe sekarang sudah kayak temen kecil saya ..

Entrepreneur-entrepreneur yang ada di twitter beberapa pernah mampir ke warung, Alhamdulillah.. mentor mungkin bisa banyak. sesuaikan saja dengan ukuran baju kita..




"Perjalanan, Pengalaman Dan Tujuan Hidup" 



2 komentar:

Tinggalkan jejakmu di sini. :)